ArtikelUncategorized

Perumahan Syariah Sepatan

Say No Riba

Perumahan Syariah Tangerang

Say No Riba

Perumahan syariah,kavling syariah,investasi syariah itu apa sih?

      Rumah syariah merupakan bentuk Kredit Pemilikan Rumah yang dilandaskan pada prinsip syariah islam. Dalam islam secara tegas mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli.Rumah syariah biasa kita sebut  KPR Syariah ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan jual beli yang pembayarannya di angsur kepada owner atau pemilik rumah / perumahan sehingga sangat berbeda dengan KPR Konvensional.

KPR Konvensional tidak melakukan kegiatan jual beli tetapi kegiatan peminjaman uang untuk pelunasan rumah yang dibeli oleh seseorang. Kemudian pembayaran hutangnya diangsur oleh orang tersebut kepada bank dengan nilai yang lebih besar dari hutang. Pihak bank konvensional menyebut sebagai margin bunga, sementara didalam islam menyebutnya sebagai Riba.

Lalu bagaimana dengan KPR Syariah? KPR Syariah merupakan kegiatan jual beli antara Penjual (developer) kepada pembeli. Kekurangan pembayaran dilakukan dengan cara mengangsur langsung ke developer,Sehingga jelas terlihat bahwa kegiatan ini adalah kegiatan jual beli rumah secara kredit sesuai syariah islam.

 

Pertanyaannya, dimana masyarakat dapat menemukan rumah syariah yang dijual secara KPR Syariah? Jika kita jeli, banyak pengembang atau developer yang melakukan jual beli KPR dengan langsung mengangsur ke mereka langsung. Atau beranikanlah diri untuk bertanya apakah dapat dicicil langsung ke pengembang atas kekurangan pembayaran.

Tanah Kavling Syariah itu apa?

     Sepeti Rumah Syariah ,tanah kavling pun bias di jual secara di angsur. Ketika orang pengi punya tanah untuk di bangun rumah,atau orang yang ingin menginvestasikan dana  mereka dapat  membeli tanah dengan cara di angsur. Orang yang mempunyai pendapatan terbatas tapi pengin punya rumah dan ketika di mengajukan KPR rumah ternyata  angsuranya besar. Solusi nya adalah dengan membeli tanah kavling,karena angsuran tanah kavling lebih kecil,sehingga terjangkau oleh mereka.dan biasanya tempo pembayaran tidak terlalu lama.setiap pemilik tanah atau developer punya kebijakan tersendiri.

Tanah kavling syariah juga salah satu solusi bagi mereka yang ingin menyimpan uang atau investasi.bagi seorang muslim menyimpan uang dengan cara deposito adalah haram,karena ada bunga bank .Berinvestasi di tanah kavling sangat menguntungkan karena setiap tahun harga tanah naik. Untuk wilayah Depok,Tangerang Selatan apalagi Jakarta harta tanah sangat tinggi. Sehingga orang mencari alternative untuk mencari daerah yang tanahnya murah. Salah satu daerah yang harga tanahnya masih terjangkau adalah daerah kabupaten Tangerang.

Kabupaten tangerang adalah wilayah yang sedang berkembang,terutama wilayah kecamataan Sepatan,Sepatan Timur dan Rajek.

Daerah ini adalah wilayah favorit bagi orang yang bekerja di Bandara Soekarno Hatta,Tangerang,Batu ceper,Dadap,Jakarta barat  kususnya Kaliders, Cengkareng, Grogol,Kapuk,dll

Bagaimana dengan sistem bayar angsuranya?

Setiap developer punya skema pembayaran tersendiri. Ada yang menggunakan DP besar di awal ada juga  yang memakai DP 0% atau bernegosiasi lagi dengan developernya. Tapi pada prinsipnya untuk membuat sebuah rumah butuh biaya yang besar. Dp 0% biasanya memberlakukan angsuran yg besar perbulanya, atau mengangsur dengan nominal besar diawal dan murah di akhir. Pada idealnya DP perumahan adalah 30% Sesuai ketentuan Bank Indonesia. Terlebih konsep perumahan syariah tidak memakai denda apabila telat bayar ,tidak menyita rumah/property apabila konsumen telat membayar cicilan atau gagal bayar.

Keuntungan membeli rumah syariah

Developer properti syariah merupakan model developer dengan metode pembiayaan-pembiayaan langsung dari pengembang properti tersebut yang dimana dari skema pembiayaan semuanya merujuk dari syariah islam didalamnya dan tidak menggunakan pihak ketiga.

  1. Developer properti syariah jika kita akan mengajukan KPR langsung kepada developer tersebut tanpa pihak ketiga dengan persyaratan yang telah dibuat developer yang tidak merugikan konsumen.
  2. Dalam properti syariah ada tahap administrasi hingga wawancara oleh developer setelah Booking fee properti yang diminati oleh konsumen jika lolos melanjutkan ketahap selanjutnya seperti pembayaran down payment dibayar cash maupun diangsur  dan akad antara konsumen dengan developer
  3. Dalam perjanjian akad antara Konsumen dengan developer yaitu akad penjual dan pembeli bisa disebut akad jual beli yang disaksikan oleh pihak notaris dan dari pihak konsumen 
  4. Akad antara penjual dan pembeli tersebut biasanya akad  istishna dimana akad istishna adalah akad jual beli dalam bentuk pemesanan barang yang tercantum berapa bulan properti tersebut siap di huni.
  5. Tidak adanya denda dalam properti syariah, jika telat membayar angsuran 
  6. Tidak adanya Sita dalam properti syariah, jika kita gagal bayar bisa di musyawarahkan dengan pihak developer dengan mengambil jalan terbaik apakah dilanjut apa mau dijualkan sesuai tahun tersebut dan sisa hutang dibayarkan ke pihak developer, sebelum laku terjual maka sipenghuni boleh menempatinya sampai laku terjual.
  7. Tidak adanya asuransi ini sudah jelas asuransi mengandung Judi
  8. Cicilan Flat sampai tahun akad yang disetujui 
  9. Rata-Rata dalam properti syariah rumah dalam keadaan indent atau pesanan  adapun rumah dalam ready stock dalam keadaan cash bertahap atau cash keras
  10. Down Payment rata-rata ada di 0 persen, 10 persen, 20 persen, 30 Persen dan 40 Persen dan DP tersebut bisa dicicil hingga 12 bulan ataupun yang mengambil dp 0%, 10% masa indent akan lebih lama hingga 3 tahun
  11. Mempercepat melunasi angsuran tidak ada denda
  12. Dalam mencari properti syariah harus kita sering berkonsultasi dengan agen properti syariah yang kompeten dan sudah lama memasarkan properti syariah, biasanya agen akan merekomendasikan properti yang aman, secara legalitas dan tata ruang  dan developer yang amanah.Diatas kita bisa menarik benang merah untung rugi membeli rumah ke developer konvensional dan developer syariah, semoga kita dijauhkan dari RIBA dan mendapatkan rumah impian yang halal, nyaman dan berkah,…Amin

Dirangkum dari berbagai sumber

 

 

Tinggalkan Balasan